Rabu, 20 Juni 2018

18/12/2017 – webbdkambon. Madrasah sebagai lembaga pendidikan dibawah binaan Kementerian Agama adalah bagian penting dalam mewujudkan visi Kementerian Agama. Untuk itu, Balai Diklat Keagamaan Ambon pada penghujung Tahun 2017 menyelenggarakan tiga diklat berbasis madrasah yakni Diklat Pengelola keungan Madrasah, Diklat Pengelola BMN Madrasah dan Diklat Pengelola Perpustakaan Madrasah.

Dasar hukum pelaksanaan ketiga diklat dimaksud anatar lain;

1.      Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara;

2.    Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil;

3.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 25 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah;

4.  Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 59 Tahun2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan;

5.  Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pegawai di Lingkungan Kementerian Agama;

6.   Keputusan kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Kurikulum dan Silabus Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Administrasi pada Kementerian Agama.

Pelaksanaan ketiga Diklat ini dilaksanakan selama 6 hari terhitung dari tanggal 17 s/d 22 Desember 2017 yang bertempat di Kampus Balai Diklat Keagamaan Ambon. Pelaksanaan Upacara pembukaan pada hari senin tanggal 18 Desember 2017 dilaksanakan di Aula Balai Diklat Keagamaan Ambon.

Pelaksanaan upacara pembukaan dihadiri oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama Republik Indonesia  bapak Prof. H. Abd. Rahman Mas’ud, Ph.D, yang sekaligus memberikan pengarahan dan membuka kegiatan Diklat secara resmi.

Selain itu yang menghadiri undangan pembukaan antara lain Rektor IAIN Ambon, Ketua STAKPN Ambon, kepala kantor Wilayah kementerian Agama Prov. Maluku yang diwakili oleh Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah kementerian Agama Prov. Maluku, serta para pejabat Eselon III dan IV dilingkungan Kementerian Agama Prov. Maluku.

Dalam upacara pembukaan ketiga Diklat tersebut Kepala Balai Diklat Keagamaan Ambon bapak Dr. H. Abdul Kahar, M.Pd.I juga menyampaikan laporannya terkait dengan hal-hal penting dalam pelaksanaan Diklat tersebut antara lain tentang Tenaga Pengajar, Kurikulum, Sarana dan prasaran, Penganggaran dan lain sebagainya secara lengkap disampaikan kepada Kepala badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.