Senin, 10 Desember 2018

 

24-7-2017 – bdkambon – Kemajuan serta peradaban suatu bangsa sangat ditentukan oleh kemajuan pendidikan. Pendidikan juga menjadi tolak ukur perkembangan bangsa Indonesia dimasa sekarang dan yang akan datang, hal ini terlihat dari kualitas pendidikan dan lembaga pendidikannya baik formal maupun nonformal.

Kemunduran dan ketertinggalan bangsa Indonesia dalam bidang pendidikan dikarenakan kualitas pendidikan serta lembaga pendidikan itu sendiri sehingga sedikit sekali melahirkan generasi baru yang akan bersaing pada era globalisasi sekarang ini. Dalam hal ini standar kurikulum yang di tetapkan pemerintah menjadi bagian penting dalam peningkatan kualitas pendidikan yang akan didistribusikan kepada stakeholder pendidikan yakni guru – guru pada sekolah-sekolah Madrasah dari tingkat dasar sampai tingkat atas. Oleh sebab itu dalam menciptakan tenaga pengajar yang berkualitas serta professional, maka pemerintah menetapkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, maka perlu adanya Pendidikan dan Pelatihan.

Berkaitan dengan kemajuan serta peningkatan kualitas pendidikan maka Balai Diklat Keagamaan Ambon menyelenggarakan Diklat Di Wilayah Kerja Peningkatan Kompetensi Instrumen Penilaian bagi guru dan DDWK Peningkatan Kompetensi Publikasi Ilmiah di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Kep. Aru yang diikuti oleh guru-guru integrasi dari lingkungan Kementerian Agama kabupaten Maluku tenggara yang berjumlah 60 orang masing-masing diklat berjumlah 30 orang yang semuanya berasal dari Kep. Aru berlangsung selama 5 hari dari tanggal 24 – 28 Juli 2017 dengan biaya dibebankan pada DIPA Balai Diklat Keagamaan Ambon TA. 2017, hal ini disampaikan dalam laporan Kepala Balai Diklat Keagamaan Ambon yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Diklat Tenaga Administrasi pada pembukaan Diklat yang dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kep. Aru yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kep. Aru  bapak Drs. H. Ismail Rumfot  pada tanggal 24 Juli 2017.

Dalam sambutannya Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Kep. Aru Bapak Drs. H. Ismail Rumfot memberikan apresiasi kepada Balai Diklat Keagamaan Ambon yang telah menyelenggarakan kegiatan Diklat Di Wilayah Kerja di Kabupaten Kep. Aru  karena kegiatan ini sangat banyak membawa dampak positif bagi guru di Kabupaten Kep. Beliau juga berharap agar peserta yang telah terpilih untuk mengikuti kegiatan DDWK ini harus benar-benar mengikuti proses pembelajaran yang diberikan oleh Widyaiswara BDK Ambon.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kep. Aru Bapak Drs. H. Ismail Rumfot, mengatakan bahwa untuk membangun kompetensi guru sangatlah tergantung kepada Balai Diklat Keagamaan Ambon karena diharapkan Balai Diklat dan para Widyaiswara memiliki kompetensi yang memadai sehingga dapat memberikan pengetahuan yang terbaik kepada peserta Diklat untuk mengembangkan kompetensi guru dan membangun Kementerian Agama pada umumnya.