Senin, 10 Desember 2018

BDK Ambon (10/10/2018) – Study lapangan menjadi rangkaian proses kediklatan yang harus diikuti oleh peserta diklat. Dengan study lapangan, diharapkan peserta diklat lebih memahami materi  diklat dan mampu mengaitkan teori yang diperoleh dengan praktik di sekolah. Study lapangan peserta Diklat Fungsional Guru Ahli Pertama Angkatan IV dengan fokus praktik supervisi akademik untuk kali ini  dilaksanakan di MTs Negeri 1 Maluku Tengah.

Kunjungan peserta diklat tersebut langsung diterima kepala MTs Negeri 1 Maluku Tengah, Drs. Saleh Ohorella. Dalam sambutannya ia menjelaskan  tentang profil sekolah, termasuk sejarah, visi misi dan  kemajuan yang dicapai sekolah.  Ia juga menyatakan  kegembiraan dan kesediannya karena mendapat kunjungan dari peserta diklat Fungsional Guru Ahli Pertama Angkatan IV dari beberapa daerah Maluku.

Sementara itu  sambutan ketua Panitia, Idris Kelihu sekaligus Kasubag Tata Usaha Balai Diklat Keagamaan Ambon menyampaikan terima kasih kepada kepala MTs Negeri 1 Maluku Tengah karena telah diberi kesempatan untuk bekunjung. menyampaikan bahwa tujuan peserta diklat berkunjung ke MTs Negeri 1 Maluku Tengah adalah untuk menggali informasi berkaitan dengan kemajuan dan prestasi sekolah sekaligus praktik supervisi akademik.

Penggalian data dalam study lapangan tersebut menggunakan teknik wawancara dengan kepala sekolah serta observasi langsung ke kelas untuk melihat proses pembelajaran.

Beberapa peserta yang dimintai komentarnya menyatakan bahwa mereka merasa puas dengan kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut cukup  membantu peserta dalam memahami lebih dalam tentang supervisi akademik.