Senin, 10 Desember 2018

BDK Ambon Senin (13/8/2018) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Drs. Tholib, SH., MH memberi sambutan sekaligus membuka Kegiatan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan III Kementerian Hukum dan HAM Maluku Tahun 2018, di BDK Ambon.

Sambutan Kepala Kantor Wilayah pada kegiatan tersebut menyoroti beberapa hal mendasar terkait dengan kehadiran CPNS di Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku antara lain hendaknya mampu memperkuat dan meningkatkan kinerja Kementerian Hukum dan HAM secara umum. Karena kehadiran saudara diharapkan mampu membantu meringankan beban dan tugas yang menjadi kewajiban dalam melaksanakan program-program Pemerintah. Untuk itu, menjunjung tinggi idealisme dan bekerja keras dan lebih keras lagi sesuai dengan kemampuan masing-masing. Pendidikan yang didapat dari pelaksanaan orientasi, tentunya dapat menjadikan saudara lebih tertib dan disiplin serta terampil dan juga menjadi bekal guna dalam menjalankan tugas. Pada kesempatan tersebut juga Kepala Kantor Wilayah menitip harapan agar jangan sampai ada laporan-laporan negatif terkait dengan ketidakdisiplin dalam mengikuti kegiatan LATSAR ini, lanjutnya.

Diketahui bahwa tujuan dan sasaran Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III ini diselenggarakan untuk membentuk PNS yang Profesional dan  Berkarakter, yaitu PNS yang mempunyai sikap dan perilaku serta pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, serta menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara professional sebagai pelayan masyarakat. Hal ini sesuai dengan sasaran penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III yakni mewujudkan Pegawai Negeri Sipil yang Profesional dan berkarakter sebagai pelayan masyarakat.

Kabag Umum Moksen Hasan, SH., MH dalam laporan Ketua Panitianya, disebutkan bahwa terdapat beberapa metode pembelajaran yang dipergunakan dalam pelatihan dasar-dasar CPNS ini diantaranya Ceramah, Tanya Jawab dan Diskusi dan Pendalaman Materi, Latsar CPNS ini akan berlangsung selama 113 hari yang terdiri dari 33 hari klasikal dan 80 hari non klasikal atau aktualisasi ditempat kerja. Tim pengajar sendiri berasal dari Balai Diklat Keagamaan Provinsi Maluku dan juga  Pejabat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku. Kegiatan ini diikuti oleh 21 orang CPNS berasal dari Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Imigrasi Jajaran Kantor Wilayah yang ada di Wilayah Provinsi Maluku.