Senin, 10 Desember 2018

 

BDK Ambon 9/7/2018 – Bertempat di Hotel Santika Premium yang beralamat pada jalan Jenderal Sudirman Ambon, dilaksanakan Pembukaan Rapat Koordinasi kediklatan Balai Diklat keagamaan Ambon Wilayah Kerja Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku.

Para undangan yang menghadiri acara rapat koordinasi itu antara lain, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat kementerian Agama RI, Para Kepala Balai diantaranya Kepala Balai Diklat  Jakarta, Kepala Balai Diklat Medan, dan Juga para pejabat eselon III pada Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI diantaranya Kepala Bagian Perencenaan, Kepala Bagian Ortala dan OKH Badan Litbang dan Diklat kementerian Agama RI.

Jumlah peserta dalam kegiatan Rapat Koordinasi ini berjumlah 60 orang yang masing berasal dari Kantor Kementerian Agama seluruh Kabupaten dan Kota seprovinsi Maluku yang terdiri dari para Kepala Kantor Kementerian Agama dan juga para operator SIMDIKLAT pada masing-masing Kantor Kementerian Agama.

Pada kesempatan itu Kepala Pusdiklat Administrasi bapak H. Saerozi, MM, memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan rapat koordinasi kediklatan secara resmi, yang sebelumnya diawali dengan penyampaian laporan dari Kepala Balai Diklat Pendidikan dan Keagamaan Ambon bapak Dr. H. Abdul Kahar, M.Pd.I, dan dilanjutkan dengan sambutan dari  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku.

Pada arahannya Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi menyampaikan bahwa kegiatan ini didasari oleh beberapa faktor antara lain :

1.    Ingin menjaring kegiatan unggulan/prioritas, sehingga kegiatan Diklat yang dilaksanakan nantinya benar-benar menjadi kebutuhan stakeholder. Ini menjadi penting karena juga dapat melengkapi kebutuhan ASN terkait peningkatan kompetensi, sehingga diharapkan para ASN yang telah mengikuti kegiatan kediklatan dapat mengimplementasikan ilmunya dalam berkinerja.

2.    Sinergitas kediklatan baik dalam fungsi agama dan fungsi pendidikan. Sinergitas sangat perlu ditingkatkan antara Balai Diklat dan seluruh stakeholder dalam rangka mendorong peningkatan kualitas dari para ASN diwilayah kerja Balai Diklat.

3.    Forum penyatuan visi dan misi Kementerian Agama. Penyatuan visi dan misi sangatlah penting dalam pengembangan dunia pendidikan dan keagamaan karena dalam penentuan Diklat serta mata Diklat harus disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan dan keagamaan di wilayah-wilayah yang berada dalam wilayah kerja Balai Diklat Keagamaan Ambon. standarisasi peserta Diklat juga harus dilakukan agar target dari Diklat itu sendiri dapat tercapai serta kegiatan Diklat yang dilaksanakan benar-benar menjadi bermakna kepada penyelenggara dan peserta Diklat, disamping itu juga perlu memperhatikan para Widyaiswara yang nantinya menjadi fasilitator kepada peserta Diklat. Oleh sebab itu kompetensi dari para Widyaiswara harus benar-benar menjadi perhatian karena Widyaiswara selain menjadi transformator ilmu juga sebagai fasilitator.

Dalam acara pembukaan itu juga Kepala kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku juga memberikan sambutannya, beliau meberikan apresiasi dan ucapan terimah kasih kepada bapak Dr. H. Abdul Kahar, M.Pd.I selaku kepala balai Diklat keagamaan Ambon karena telah melaksanakan kegiatan rapat koordinasi kediklatan ini sehingga dapat menyusun dan memprogramkan kegiatan Diklat benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman dewasa ini, disamping itu juga beliau  menyampaikan beberapa hal yang perlu menjadi catatan bagi penyelenggara kediklatan yakni Balai Diklat Keagamaan Ambon antara lain :

1.    Membangun Sinergitas

2.    Forum penyatuan visi dan misi

3.    Diklat berbasis 5 Budaya Kerja

4.    Silaturahmi dari semua stakeholder

5.    Kondisi Geografis

6.    Diklat sesuai dengan kebutuhan

7.    Standarisasi peserta Diklat

Harapan beliau agar Diklat dapat menjadi mesin yang dapat mendorong perkembangan dunia pendidikan serta keagamaan dan Diklat juga dapat menjadi mesin untuk peningkatan kompetensi para ASN di lingkungan Kementerian Agama Provisinsi Maluku.