Senin, 10 Desember 2018

 

2-10-2018 – BDK Ambon – Kemajuan pendidikan yang didalamnya terdapat beberapa unsur penting yakni tenaga pendidikan serta lembaga pendidikan sangat menentukan bagi perkembangan peradaban suatu bangsa.

Kemajuan pendidikan sangat cepat mengalami perubahan dan peningkatan sehingga tidak dapat dihentikan dan sangat menjadi tuntutan utk mengikuti perkembangan dan perubahan pendidikan yang berkembang sekarang ini. Tuntutan untuk itu mengikuti perkembangan ini antara lain memperbaharui dan melaksanakan kurikulum yang selalu berubah mengikuti perkembangan zaman serta peningkatan kualitas tenaga pendidikan sehingga mampu menyesuaikan dan bersaing dengan perkembangan dunia pendidikan yang terus menerus mengalami peningkatan dan perubahan di zaman serba modern sekarang ini.

Hal-hal inilah yang melatarbelakangi perlu untuk melaksanakan pendidikan dan pelatihan  kepada   Aparatur Sipil Negara  yang bernaung dibawah Kementerian Agama,  oleh  sebab  itulah   Balai  Diklat   Keagamaan   Ambon  yang dipimpin oleh Dr. H. Abdul Kahar, M.Pd.I, yang merupakan lembaga pendidikan yang berfungsi memberikan pendidikan dan pelatihan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) / Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Kementerian Agama Republik Indonesia khususnya Kementerian Agama Provinsi Maluku melaksanakan program Diklat Manajemen Madrasah Angkatan II, Diklat Fungsional Guru Ahli Pertama  Angkatan IV, dan Diklat Fungsional Guru Ahli Muda Angkatan III dan IV.

Kegiatan Diklat ini berlangsung dari tanggal 1 sampai dengan 11 Oktober 2018 selama 11 hari yang pesertanya berjumlah 120 orang dengan masing-masing angkatan berjumlah 30 orang yang semuanya berasal dari 11 Kabupaten Kota seprovinsi Maluku, dan untuk tenaga pengajarnya berasal dari Maluku dan juga dari luar Maluku, karena Balai Diklat Keagamaan Ambon talah melaksanakan program Widyaiswara silang dengan wawasan nasional oleh karena itu maka Balai Diklat Keagamaan Ambon juga mengadakan Widyaiswara yang berasal dari Balai Diklat keagamaan Denpasar. Balai Diklat Keagamaan Ambon juga memberlakukan mobile kelas belajar, hal ini menjadi sebuah kebijakan serta salah satu ide perubahan dari Kepala Balai Diklat Keagamaan Ambon bapak Dr. H. Abdul kahar, M.Pd.I, dalam rangka penyamarataan rasa kepada peserta  untuk dapat melihat dan merasakan suasana serta kondisi kelas yang berbada.

Pendidikan dan Pelatihan yang berlangsung selama 11 hari ini juga mengadakan kegiatan Visitasi dan Studi Lapangan yang bertujuan untuk mendapat gambaran jelas tentang praktik di lapangan dengan teori-teori yang diberikan oleh para Widyaiswara dan Narasumber, untuk tempat dan lokasi dilaksanakan visitasi dan studi lapangan itu ditetapkan setelah panitia Diklat melakukan survei ke bebarapa tempat sehingga dalam penentuan tempat serta lokasinya benar-benar tepat sasaran sehingga hal-hal yang ingin diperoleh di tempat visitasi dan studi lapangan dapat diperoleh.

Visitasi serta Studi Lapangan yang dilakukan selain mendapat gambaran yang jelas tentang praktik dan teori juga hal ini dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas dari para peserta Diklat sehingga hal-hal yang baru diperoleh tempat dan lokasi visitasi dan studi lapangan ini dapat diimplementasikan ditempat asal dari masing-masing peserta.

Pelaksanaan Pembukaan Diklat Manajemen Madrasah Angkatan II, Diklat Fungsional Guru Ahli Pertama  Angkatan IV, dan Diklat Fungsional Guru Ahli Muda Angkatan III dan IV Kementerian Agama Provinsi Maluku Tahun 2018, dilaksanakan pada hari Selasa, 2 Oktober 2018 yang berlangsung di Aula Kampus Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Ambon yang berlokasi di Jl, Laksdya Leo Watimenna Waiheru Ambon, keempat kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Konsersium Kepala balai Diklat Keagamaan se Indonesia, bapak Dr. H. Jafar, M.Pd yang juga merupakan Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Denpasar, dan kemudian dilanjutkan dengan memberikan materi Pembangunan Bidang Agama.