Rabu, 20 Februari 2019

Ambon-Inmas. Fatayat NU yang merupakan Organisasi Pemudi Islam yang terbentuk di Surabaya pada 24 April 1950 M, yang bertepatan dengan 7 Rajab 1369 H. Organisasi Fatayat sendiri merupakan salah satu lembaga otonomi dilingkup Nahdlatul Ulama yang bertujuan menegakkan ajaran Islam menurut faham Ahlussunnah Wal Jamaah di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Fatayat sendiri selaku organisasi yang dibentuk oleh Pemudi Islam mempunyai visi misi yang diantaranya terpenuhinya keadilan dan kesejahteraan kaum perempuan melalui penguatan hak hak perempuan itu sendiri dengan misi membangun kesejahteraan kaum perempuan serta mengupayakan perubahan kebijakan yang benar benar memihak kepada kaum perempuan serta ikut membangun sumberdaya manusia itu sendiri (Dinamika Bangsa, Kamis, 05 April 2012).

Dalam pengembangannya itu, khususnya di Kota Ambon dan di Maluku, Fatayat NU telah banyak memberikan kontribusi dalam berperan menjawab isu-isu yang tengah berlangsung di tengah masyarakat. Salah satunya adalah kekerasan pada perempuan dan anak-anak. Menyikapinya, setelah pengurus lama di demisionerkan, hari ini, Jumat, 10 Maret 2017, bertempat di Islamic Center Waihaong Ambon, digelar pelantikan Kepengurusan Baru Fatayat NU Tingkat Provinsi Maluku dan Pengurus Cabang Fatayat NU Kota Ambon.

Pembacaan komposisi Pengurus Wilayah Fatayat NU Maluku dan Pengurus Cabang Fatayat NU Kota Ambon oleh Sekretaris Jenderal Fatayat NU Hj. Margaret A. Maimuna, SS. M. Si. Sementara pelantikannya dilakukan oleh Ketua Umum Fatayat NU, Anggia Ermarini, MKM. Tugas Pengurus Wilayah dan Pengurs Cabang Fatayat NU ini, akan memulai pergumulannya, yang setelah dilakukan pelantikan ini, dilaksanakan Rapat Kerja yang berlangsung di Balai Diklat Keagamaan Ambon. Hadir dalam acara ini, antara lain, Gubernur Maluku, Wakil Gubernur Maluku, Para Pimpinan NU Maluku, Tokoh-Tokoh Agama dan Ka. KanKemenag Kota Ambon. Ketua PW Fatayat NU Maluku dijabat oleh Habiba Pelu, SP. M. Si, sementara Ketua PC Fatayat NU Kota Ambon, Khadijak Makian, S. Ag yang adalah Penyuluh Agama Islam Kemenag Kota Ambon. (Carl)

Sumber: http://maluku.kemenag.go.id