Top
    bdkambon@kemenag.go.id
(0911) 362488
Upacara Pembukaan Latsar Cpns Golongan III Angkatan Ke-I, II Dan III Bdk Ambon Tahun 2019

Upacara Pembukaan Latsar Cpns Golongan III Angkatan Ke-I, II Dan III Bdk Ambon Tahun 2019

Rabu, 14 Agustus 2019
Kategori : Berita
55 kali dibaca

BDK Ambon, (14/8) Rektor IAKN Ambon, Dr. Agustina Ch. Kakiay, M. Si.. membuka secara resmi Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan III Angkatan Ke-1, 2 dan 3 Kementerian Agama Provinsi Maluku dan Maluku Utara Tahun 2019 di Kampus BDK Ambon pada hari Rabu tanggal 14 Agustus 2019.

Pegawai  Negeri Sipil  (PNS)  sebagai ASN merupakan birokrat yang memiliki  peranan  yang menentukan dalam pembangunan nasional. Agar mampu menjalankan peranan tersebut, diperlukan sosok PNS yang profesional, yaitu PNS yang mampu memenuhi standar kompetensi jabatannya sehingga mampu melaksanakan tugas jabatannya secara efektif dan efisien. Untuk dapat membentuk sosok PNS profesional seperti tersebut di atas perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pelatihan.

Dalam kurun waktu kurang lebih 51 hari kerja dengan metode on campusdan off campus serta penilaian yang menyeluruh termasuk penilaian sikap perilaku selama 24 jam terus menerus oleh pendamping sesuai dengan petunjuk teknis LAN tentang penyelenggaraan Latsar CPNS, peserta pelatihan juga akan mengalami proses pembelajaran untuk  menguasai seluruh materi pelatihan yang akan diberikan oleh para widyaiswara dan fasilitator diklat serta mengaktualisasikan materi tersebut pada kegiatan habituasi di unit kerja masing-masing selama 30 hari kerja untuk dapat menggali isu aktual yang akan dievaluasi pada akhir pelatihan. Latsar CPNS ini merupakan salah satu prasyarat bagi CPNS untuk dapat diangkat menjadi PNS di lingkungan Kementerian Agama.

 

Kakiay menyampaikan bahwa ada tanggungjawab besar dipundak bpk/ibu sebagai calon pns Kementerian Agama RI yang mana kementerian agama terus mengupayakan moderasi agama yang menjadi elemen penting dalam membangun bangsa, ada banyak hal terkait dengan moderasi agama dan bagi CPNS dan PNS dilingkungan kementerian agama diharapkan dapat menjadi agen atau aktor dalam melaksanakan moderasi agama termasuk bagaimana perilaku kita untuk mendukung moderasi agama dan ini sudah dimulai di banyak tempat termasuk kami di IAKN Ambon, yang mana di tahun ini IAKN Ambon menerima empat orang dosen dan satu orang pegawai beragama islam dan satu orang dosen beragama katolik, dan bagi IAKN Ambon harmoni dalam perbedaan bukan lagi menjadi slogan, karena kementeria agama dan semua satker yang ada didalamnya harus menjadi wilayah terdepan dalam menunjukan kepada bangsa ini tentang bagaimana mewujudkan harmoni dalam perbedaan.

Pada kesempatan ini pula Muis Riadi menyampaikan penghargaan yang tinggi disertai ucapan terima kasih kepada semua pihak terutama Lembaga Administrasi Negara yang telah membantu memberikan dukungan dan kerjasamanya, sehingga pelatihan ini dapat diselenggarakan.


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP