Top
    bdkambon@kemenag.go.id
(0911) 362488
Penyuluh Agama Sebagai Penyejuk Dan Pencerah Bagi Umat Beragama

Penyuluh Agama Sebagai Penyejuk Dan Pencerah Bagi Umat Beragama

Selasa, 20 Oktober 2020
Kategori : Berita
65 kali dibaca

20/10/2020 - Saat ini penyuluh agama non PNS direkrut oleh Kementerian Agama secara besar-besaran, penyuluh agama Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu dan Budha ditempatkan di setiap Kecamatan dalam rangka untuk mengembang tugas melayani masyarakat. Penyuluh agama merupakan teladan serta panutan, sekaligus rujukan, dan tempat bertanya masyarakat tentang hal ikhwal keagamaan. Penyuluh agama mengembang fungsi penting sebagai penyambung lidah pemerintah, sehingga setiap kebijakan pemerintah terkait keagamaan harus dipahami dengan baik dan mencerahkan.

Kementerian Agama terus mendorong penguatan kapasitas penyuluh baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Para Da’I, pendeta, pastor dan juru penerang atau penyuluh agama dan kita semua didorong terus untuk mencerahkan masyarakat dengan pemahaman agama yang moderasi (Islam rahmatan lil’alamin, kristen protestan dan katolik ajaran cinta kasih, hindu ajaran ahisma, budha dengan nilai keserderhanaan dan konfusionisme dengan ajaran kebijaksanaan). Melalui pemahaman agama dan dakwah yang moderasi dan tercerahkan akan menjadi senjata yang ampuh untuk mencegah dan menghindarkan masyarakat dari berbagai bentuk tindakan, radikal, terorisme dan penyakit sosial lainnya.

Dalam arahan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Halmahera Barat Drs. H. Hasbollah Tahir, menyampaikan beberapa hal penting untuk para penyuluh dalam melayani umat beragama, para penyulug agama adalah orang-orang pilihan dalam arti terpilih serta diberikan kehormatan dengan mengembang tugas penting sebagai penyejuk sertah pencerah dalam kehidupan bermasyarakat.

Kepala  Kantor  Kemenag Kab. Halbar memberikan arahan  pada  Upacara  Pembukaan DDWK Penyuluh Agama non PNS Kemenag Kab. Halbar

Upacara Pembukaan DDWK Penyuluh non PNS Kemenag Kab. Halbar

Peran penyuluh ditengah perkembangan negara dengan situasi politik serta ekonomi yang tidak menentu sangatlah penting karena keberagaman masyarakat sangat vatal dalam memicu konflik-konflik internal serta eksternal dalam masyarakat, oleh karena penyuluh hadir dalam memberikan pencerahan serta kesejukan kepada umat beragama sehingga masyarakat dapat menjaga toleransi serta kerukunan antar umat beragama dan terhindar dari hal-hal negatif yang diprofokasi oleh orang maupun kelompok yang tidak bertanggung jawab yang sengaja memecah belah persatuan antar umat beragama.


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP