Top
    bdkambon@kemenag.go.id
(0911) 362488
Kakankemenag Buka Diklat Di Wilayah Kerja Budaya Kerja Kota Ternate

Kakankemenag Buka Diklat Di Wilayah Kerja Budaya Kerja Kota Ternate

Senin, 17 Februari 2020
Kategori : Berita
68 kali dibaca

17/02/2020 – Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010 – 2025 mengamanatkan salah satu area perubahan yang menjadi tujuan Reformasi Birokrasi adalah pola pokir (mind set). Peraturan ini kemudian diikuti oleh Peraturan Menteri Pendayagunaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 32 Tahun 2012 tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja.

Budaya kerja diartikan sebagai cara pandang seseorang terhadap pekerjaan, dengan demikian budaya kerja dimplementasikan menjadi sikap dan perilaku individu dan kelompok didasari atas nilai-nilai yang diyakini kebenarannya dan telah menjadi sifat dan kebiasaan dalam melaksanaan tugas dan pekerjaan sehari-hari. Pada umumnya budaya kerja diturunkan dari budaya organisasi, budaya organisasi tumbuh menjadi mekanisme control, mempengaruhi cara pegawai berinteraksi dengan pemangku kepentingan (stakeholder) diluar organisasi. Perubahan Budaya kerja berlaku dari tingkat tertinggi hingga satuan terendah dalam organisasi.

Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Ternate pada hari senin 17 Februari 2020, dilaksanakan upacara pembukaan Diklat Di Wilayah Kerja Budaya Kerja Kota Ternate yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota ternate, bapak Drs. Amir Tomagola, MM.

DDWK Budaya Kerja adalah salah satu program Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama RI, yang diselenggarakan oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Ambon di Kota Ternate yang merupakan salah satu kota di Maluku Utara yang juga merupakan wilayah kerja dari BDK Ambon.

Dalam pengarahan yang disampaikan oleh Kakankemenag Kota Ternate pada upacara pembukaan DDWK Budaya Kerja, beliau menyampaikan beberapa hal terkait dengan pengembangan budaya kerja yakni perubahan pola piker (mind set), nilai-nilai budaya kerja. Beliau berharap agar para ASN Kementerian Agama Kota ternate dalam merubah mind set kearah yang lebih baik karena dengan perubahan itu dapat menciptakan ide-ide serta gagasan yang dapat meningkatkan kualitas kerja dari para Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama, disamping itu dengan merubah mind set yang lebih baik para ASN juga dapat mengembangkan dirinya untuk berani berinovasi dan berkreasi dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Selanjutnya beliau juga berharap agar nilai-nilai budaya kerja Kementerian Agama harus benar-benar dihayati dan diamalkan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai aparatur Negara, karena dengan penerapan nilai-nilai budaya kerja yang baik para ASN Kementerian Agama dapat memberikan kontribusi yang sangat besar kepada Kementerian karena ASN dapat menjadi agen perubahan bagi instansi masing-masing tempat tugas setiap ASN Kementerian Agama.

Nilai-nilai ini yakni, integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan yang semuanya ini apabila dipahami dan dilaksanakan dengan baik oleh setiap ASN Kementerian Agama maka akan memberikan dampak positif yang sangat besar demi perkembangan organisasi dalam hal ini Kementerian Agama.

Diakhir pengarahan Kepala Kantor Kemenag Kota Ternate, beliau juga menyampaikan rasa terima kasih dan memberikan apresiasi kepada BDK Ambon yang telah menyelenggarakan kegiatan DDWK Budaya Kerja di Kota ternate melalui para Widyaiswara serta Panitia penyelenggara yang telah memberikan kontribusi pengetahuan yang sangat berarti kepada pada ASN Kementerian Agama di Kota Ternate.


Sumber :

Penulis : Def

Editor : Didi

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP