Senin, 22 Januari 2018

3/1/2017 - webbdkambon - Berdirinya Kementerian Agama tidak bisa dilepaskan dari usulan Komite nasional Indonesia Pusat (KNPI) kepada pemerintah untuk membentuk institusi bermoto Ikhlas Beramal.

Tepat Pada tanggal 3 Januari 1946 dimana Kementerian Agama berdiri dan mengangkat Menteri Agama yang pertama H. Mohammad Rasjidi, merupakan peristiwa penting bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai Negara religius yang nasionalis.

Ditegaskan agama tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bangsa dan Negara. Semangat dan motivasi keagamaan adalah sumber kekuatan Indonesia dalam meraih kemerdekaan, mempertahankan kedaulatan nasional dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Agama mendapatkan kedudukan terhormat dalam tata kehidupan masyarakat, sehingga dijadikan sebagai salah satu sumber pembentukan hukum nasional. Agama yang menjadi ruh kehidupan kebangsaan sesuai dengan dasar Ketuhanan Yang Maha Esa.

Terkait dengan tugas Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama, Menteri Agama Mengungkapkan bahwa jabatan dan tugas dari Lembaga Pemerintah ini sungguh besar dan mulia karena sangat menentukan nasib bangsa ini. Kesatuan kebangsaan akan terpelihara secara kokoh dan tidak dapat dipecah belah amatlah tergantung pada kebijakan dan kecakapan aparatur kementerian Agama.

Sejalan dengan tema Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke 71 Tahun 2017 yakni “BERSIH MELAYANI” dan motto “LEBIH DEKAT MELAYANI UMAT”, menteri Agama berharap peringatan ini akan memperkuat komitmen bersama terhadap integritas dan etos kerja sebagai pelayan masyarakat dan pengayom semua umat beragama.

Kementerian Agama Provinsi Maluku menggelar upacara bersama seluruh keluarga besar Kementerian Agama Provinsi Maluku di Lapangan Merdeka Ambon yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Maluku bapak Dr. Zeth Sahuburua yang bertindak selaku Inspektur Upacara, hadir juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku bapak Fesal Musaad, S.Pd, M.Pd, serta juga dihadiri oleh seluruh Satker Kementerian Agama seMaluku dan juga Balai Diklat Keagamaan Ambon.

Dalam Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti itu bapak Dr. Zeth Sahuburua membacakan sambutan Menteri Agama RI. Turut memeriahkan pula Marching Band dari Madrasah Aliyah Negeri I Ambon.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku membuat rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Amal Bhakti diantaranya lomba Bulu Tangkis, lomba Catur dan juga lomba Senam Kesegaran Jasmani yang diikuti seluruh keluarga besar Kementerian Agama Provinsi Maluku.

Balai Diklat Keagamaan Ambon juga turut berpartisipasi dalam serangkaian lomba yang di gelar diantaranya lomba Senam Kesegaran Jasmani, yang diikuti oleh ibu-ibu Dharma Wanita Balai Diklat Keagamaan Ambon yang bergabung dengan para pegawai Balai Diklat keagamaan Ambon.

Disamping kegiatan perlombaan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku menggelar jalan santai serta kerja bakti yang diikuti oleh seluruh keluarga besar Kementerian Agama termasuk Balai Diklat Keagamaan Ambon, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan juga Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN).